Duta GenRe Sebagai Tonggak Penanganan Masalah Remaja di Kota Banjarmasin



Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) melaksanakan Grand Final Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Banjarmasin Tahun 2023 dengan tema "One Youth Action, Pioneer Of Change", bertempat di Aula Dinkes Kota Banjarmasin, Minggu (28/05/2023).

Kegiatan dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr Machli Riyadi, turut hadir Kepala DPPKBPM Drs M Helfianoor, Koordinator Duta GenRe Kota Banjarmasin, Nurbaiti, S.Pi, Camat Se-Kota Banjarmasin atau yang mewakili beserta seluruh jajaran SKPD terkait.

Informasi terhimpun peserta yang mendaftar berjumlah 64 orang (terdiri dari 10 laki-laki dan 54 perempuan), dengan melewati beragam tahapan dan masa karantina, terpilihlah 10 pasang finalis Duta GenRe 2023.

Machli Riyadi berharap, para finalis nantinya dapat menjadi sosok figur teladan (Role-Model) dan perantara (Speak-Person) di kalangan generasi muda untuk merespons terkait permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para remaja, khususnya di kota Banjarmasin.

"Salah satu fokus utama mereka ialah tentang kesiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman pendewasaan usia perkawinan," ujarnya dalam sambutan.

"Bagaimana pembentukan karakter bagi mereka (Duta GenRe) guna mengedukasi dan memberi pemahaman pada remaja sejawat serta lapisan masyarakat untuk menjaga kesehatan remaja, menjauhi pernikahan dini, seks pra-nikah (bebas) serta narkoba," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Nurbaiti, Menurutnya melalui momentum tersebut para finalis diharapkan mampu mengenali jati diri mereka lebih jauh, begitu pun tentang peran maupun dampak positif yang bisa mereka berikan sebagai Duta GenRe di kota Banjarmasin.

"Paling tidak mereka akan terus menggali informasi, menambah wawasan pengetahuan mereka tentang betapa pentingnya mencegah jangan sampai terjadi seks bebas, nikah muda maupun NAPZA, 3 hal yang harus diketahui oleh remaja pada umumnya," ungkapnya.












Posting Komentar