Khatib Jumat Masjid Noor Hidayaturrahim, Wali Kota Beberkan 3 Waktu Paling Mustajab Kala di Bulan Ramadan


Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, bertindak sebagi Khatib pada Pelaksanaan Salat Jumat di Masjid Noor Hidayaturrahim, Jalan Mantuil Permai, Kecamatan Banjarmasin Selatan, 15/3/2024.

Dalam khutbahnya, H Ibnu Sina menyampaikan pengingat yang mengena kepada jamaah terkait pesan Allah SWT dalam surah Al-Baqarah ayat 186. Ayat tersebut menegaskan bahwa Allah SWT mendekat kepada hamba-Nya yang berdoa, serta akan mengabulkan permohonan orang yang berdoa dengan keimanan yang benar.

Khutbah itu tidak hanya menjadi momen refleksi spiritual, tetapi juga memberikan edukasi penting tentang keutamaan berdoa di bulan Ramadhan. Beliau pun menjelaskan secara rinci mengenai kapan waktu-waktu mustajab untuk berdoa di salah satu bulan yang disebut bulan Mulia tersebut.

"Pertama, di waktu sahur sebagai waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Waktu sahur, yang merupakan saat hampir berakhirnya sepertiga malam, adalah waktu yang tepat untuk melakukan doa, tahajud, dan memohon kepada-Nya," ucap H Ibnu Sina.

Kemudian, Ia menekankan pentingnya waktu saat berpuasa sebagai waktu yang sangat mustajab untuk berdoa. "Puasa yang dilaksanakan dari terbit fajar hingga terbenam matahari adalah momen yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa," lanjutnya.

Terakhir, H Ibnu Sina menyoroti waktu berbuka puasa sebagai waktu yang juga sangat mustajab untuk berdoa. Beliau merujuk pada hadis Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan bahwa doa tiga golongan tidak akan ditolak, salah satunya adalah orang yang berpuasa sampai berbuka.

"Jadi, mari kita sama-sama memperbanyak doa dan memanfaatkan waktu-waktu yang tepat untuk berdoa, khususnya di bulan suci Ramadhan," tutupnya.













Posting Komentar