Sosialisasi Pemilihan Pemuda Pelopor Kota Banjarmasin 2024



Banjarmasin, Rabu 13 Maret 2024.

Selama tiga hari berturut turut, Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin bekerjasama dengan Himpunan Pemuda Pelopor (Hippor) melaksanakan Sosialisasi Pemilihan Pemuda Pelopor tahun 2024 tingkat Kota Banjarmasin. 

Kegiatan dilaksanakan di Rumah Anno Banjarmasin. Kegiatan sosialisasi ini diikuti para pelajar, perwakilan OKP/Komunitas, Alumni Pemuda Pelopor dan sejumlah komunitas usaha. Setiap sosialiasi diikuti 35 peserta.

Kegiatan bertujuan untuk menyampaikan informasi perihal dilaksanakannya Pemilihan Pemuda Pelopor dalam bentuk seleksi yang diperuntukkan bagi generasi muda berusia 16 s.d. 30 tahun warga Kota Banjarmasin.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Disbudporapar Fitriah, SE.,MM didampingi JFT Analis Kebijakan Apriadi (Rabu - Jumat, 13 - 15 Maret 2024) bertempat di Rumah Anno Banjarmasin.

Dalam sambutannya, Sekdisbudporapar Fitriah berharap ; Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat membantu mensosialisasikan di lingkungan organisasi mereka tentang kegiatan kepemudaan  berupa seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor. Selain itu para peserta sosialisasi juga dapat mendorong anggotanya untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Fitriah mengajak kaum muda untuk  mengikuti beragam kegiatan yg ada di Disbudporapar Kota Banjarmasin, seperti Pemilihan Pemuda Pelopor, Jambore Pemuda, Wira Usaha Baru, Workshop, kegiatan Kepramukaan, serta kegiatan lainnya. Ia berharap jumlah peserta Pemilihan Pemuda Pelopor 2024 lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya. Harapan di tahun ini lahir Juara baru di tingkat Nasional dari Kota Banjarmasin seperti tahun lalu, di tahun 2023 Sandi Agustinus perwakilan dari Kota Banjarmasin di Bidang Agama, Sosial dan budaya berhasil mengharumkan nama Kota Banjarmasin dengan menjadi Juara I di tingkat nasional.

Senada dengan Sekdisbudporapar, JFT Analis Kebijakan Kepemudaan Apriadi mengatakan ; 

Ada lima bidang yg menjadi kategori Pemilihan Pemuda Pelopor, antara lain ;

1. Pendidikan

2. Seni Budaya

3. Pengelola Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata, 

4. Pangan

5. Inovasi Teknologi.

Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui online : linktr.ee/pemudapeloporbjm

Narasumber lainnya pada kegiatan ini, Abdul Khair, Sandi Agustinus bersama Dhea Maulida. Kegiatan diakhiri dengan penyampaian pengalaman oleh Pemuda Pelopor 2023 Sandi Agustinus bidang Agama, Sosial dan Budaya dan Alumni Pemuda Pelopor.  Bersama-sama mengajak pemuda di Kota Banjarmasin untuk ambil bagian pada kegiatan ini dengan mengikuti Pemilihan Pemuda Pelopor. Selain melatih diri untuk berkompetisi, kegiatan ini juga untuk  membuka wawasan tentang kegiatan kepemudaan yg difasilitasi oleh Pemerintah Daerah atau Pemerintah Pusat. (Apr-Pujo).




Posting Komentar