Wali Kota Banjarmasin Laksanakan Sidak Terpadu Pasca Libur Panjang Lebaran



Usai libur panjang lebaran, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Sidak itu dilaksanakan pada 3 tempat, yaitu di Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah, Puskesmas Cempaka dan Mall Pelayanan Publik (MPP) Banjarmasin.

Sidak turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Diklat Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto serta jajaran terkait dilingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu, Ibnu mengatakan sesuai dengan surat edaran (SE) Nomor 01 Tahun 2024, terkait kesempatan pemberian bagi aparatur sipil negara (ASN) di instansi tertentu untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 16-17 April 2024, ujarnya di Banjarmasin tidak menerapkan hal tersebut.

"Kecuali ada yang mengajukan cuti," terangnya seusai kegiatan, Selasa (16/04).

Lanjut ia menjelaskan, sidak dilakukan guna memantau dan memastikan pelayanan kepada masyarakat usai libur panjang agar berjalan seperti biasanya.

"Bahwa kegiatan sidak itu sebagai upaya untuk memastikan pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar," katanya.

"Dan juga kita memastikan agar tidak ada ASN yang tidak hadir atau menambah cutinya," sambung Ibnu.

Oleh karena itu, jika ditemukan ASN yang tidak hadir pada saat absensi yang diserahkan oleh jajaran BKD Diklat Banjarmasin nanti, Ia menyampaikan ada surat teguran yang akan diberikan.

"Saya minta kepala SKPD untuk melaporkan absensi nanti. Kalau ada yang menambah cuti, paling tidak ada surat teguran dan menjadi catatan," tegasnya.

Dari hasil sidak yang dilakukan, didapati hari pertama kerja di Kantor Kecamatan Banjarmasin Tengah 100 persen hadir. Kemudian pelayanan kesehatan sangat membludak, salah satunya di Puskesmas Cempaka Kecamatan Banjarmasin Tengah.

"Meski selama liburan panjang, pelayanan kesehatan sebenarnya terus dilakukan. Bahkan sampai 80 orang yang dilayani. Tapi hari ini tadi ratusan yang dilayani," ungkapnya.

Kemudian untuk yang di MPP, H Ibnu Sina ingin memastikan bahwa pelayanan untuk masyarakat kini berjalan seperti biasa, "Dan alhamdulillah masyarakat yang berurusan juga sudah banyak," ucapnya lagi.

"Intinya kami ingin agar pelayanan publik sudah pulih seperti semula karena ini adalah hari pertama untuk kita turun lagi setelah cuti bersama," pungkasnya.











Posting Komentar