Wali Kota Banjarmasin Terus Ingatkan Masyarakat Soal Pentingnya Menjaga Kebersihan dan Lingkungan Hidup



Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, menerima kunjungan silaturahim dari Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Kota Banjarmasin, di Rumah Dinas Wali Kota, Jalan Dharma Praja Banjarmasin, pada Senin (01/04/2024).

Pada kesempatan tersebut, H Ibnu mengungkapkan rasa terima kasih kepada kelompok masyarakat yang peduli terhadap lingkungan Kota Banjarmasin, yaitu Pepelingasih.

Ia menyoroti pentingnya kolaborasi semua pihak, termasuk anak muda, orang tua, dan siswa, dalam upaya menjaga kebersihan, keamanan, dan kenyamanan kota.

Dalam menjawab pertanyaan terkait upaya pemerintah dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan, Ia menyebutkan beberapa langkah konkrit yang telah dilakukan.

Salah satunya lewat penyelenggaraan Lomba Maharagu Sungai yang dilakukan secara rutin setiap tahun, serta penetapan pemangku sungai yang bertanggung jawab atas kebersihan sungai-sungai di Kota Banjarmasin.

"Kemudian tanggung jawab masalah sampah itu bukan hanya tanggung jawab pemerintah kota saja bukan cuma tanggung jawab dinas lingkungan hidup saja tapi tanggung jawab kita semua. sampah mu itu tanggung jawab dirimu juga, jangan sampai kita ini nyampah sembarangan," tegasnya.

Ia juga mengajak masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga kebersihan sehari-hari. Ia berpesan bahwa setiap individu memiliki peran penting dalam mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan setiap harinya. Dengan melakukan tindakan sederhana seperti mengumpulkan sampah dan membuangnya pada tempatnya, Ibnu optimis bahwa jumlah sampah yang dibuang sembarangan dapat berkurang secara signifikan.

"Melalui kesadaran pribadi dan kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait, semoga kota Banjarmasin dapat terus menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan untuk kesejahteraan bersama," pungkasnya.








Posting Komentar