Nobatkan Putra Putri Sasirangan 2024, Ibnu Sina: Muda Mudi Banjarmasin Kian Bangga Budaya Lokal



Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menobatkan Pemenang Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin tahun 2024, yang berlangsung di Atrium Duta Mall Banjarmasin. Sabtu (29/06) malam.

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor didampingi Wakil Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Hardiyanti, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman didampingi Ketua DWP Kota Banjarmasin, Rusdiati, Plt Kepala Disbudporaparkraf Banjarmasin, Machli Riyadi, sejumlah kepala SKPD beserta jajaran terkait.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, mengucapkan selamat kepada para Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin yang terpilih dalam acara malam puncak yang digelar. Para pemenang itu akan menjalankan tugas selama satu tahun ke depan untuk mempromosikan pariwisata dan kain sasirangan khas Banjarmasin.

"Selamat sukses untuk para Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin yang malam hari ini sudah terpilih. Mereka bertugas setahun ke depan dalam rangka mempromosikan pariwisata, mempromosikan Sasirangan, dan menjadi Duta Promosi Kota Banjarmasin," ujar Ibnu Sina.

Wali Kota juga menyatakan harapannya agar generasi muda, khususnya para duta terpilih, dapat meningkatkan kecintaan terhadap Sasirangan, "Bersama-sama dengan Duta promosi lainnya, diharapkan dari anak-anak muda ini, mereka paling tidak dengan teman sebaya atau generasi milenial lebih mencintai Sasirangan," sampai Ibnu.

Kain sasirangan sendiri telah mendapatkan sertifikat indikasi geografis dari Kalimantan Selatan, dan menurut Ibnu Sina, hal ini menjadi tanggung jawab bersama untuk melestarikan dan membudidayakan kain tradisional tersebut. "Tugas kita lah untuk melestarikannya, membudidayakannya, dan mencintai sasirangan. Oleh karena itu, kita bangga anak-anak muda sekarang sudah tidak malu lagi dan kemudian bangga bersasirangan," katanya.

Kemudian, ia juga menyoroti semangat dan antusiasme para peserta, "Kalau melihat tadi semua pertanyaan-pertanyaan, sebetulnya kalau tidak gugup itu mereka lancar, bisa jawab semua. Cuman ya biasa nervous kalau di atas panggung," ungkapnya.

Dengan semangat baru, Wali Kota berharap agar para Putra Putri Sasirangan yang terpilih dapat menjadi duta yang baik untuk Banjarmasin, membawa nama baik kota serta mempromosikan kekayaan budaya lokal, terutama kain sasirangan, kepada masyarakat luas.

Menurut data terhimpun, Juara pertama dari Putra Putri Sasirangan Kota Banjarmasin atas nama Aizar Ahmadinejad (Putra) dan Naila Almira(Putri), mereka mendapatkan uang tunai masing masing Rp. 3.750.000 serta mendapatkan predikat Duta Sasirangan Kota Banjarmasin periode 2024-2025.







Posting Komentar