Perhelatan MTQ Antarbangsa di Banjarmasin Resmi Berlangsung



Majelis Tilawah Al-Qur'an Antar Bangsa Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) dan BKPRMI kali ke-14 Kalimantan Selatan kini terselenggara di Kota Banjarmasin. Kota berjuluk Seribu Sungai didapuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan.

Kegiatan pun dibuka langsung Oleh Presiden Dunia Melayu Dunia Islam Internasional, Tun Seri Setia H Mohammad Ali bin Mohammad Rustam, di Lobby Balaikota Banjarmasin, Jum'at (29/03/24).

Turut hadir, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua TP PKK, Hj Siti Wasilah, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Sekdako Banjarmasin, Ikhsan Budiman serta jajaran terkait.

Lantas, Ibnu Sina pun memastikan bahwa Banjarmasin sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ antar bangsa ke 14 Kalimantan Selatan siap menyukseskan pergelaran tersebut.

Lebih lanjut, ujarnya lagi, kota Banjarmasin tentunya patut berbangga menjadi tempat diselenggarakannya Tilawah Al-Qur'an antar Bangsa.

Menurutnya, kegiatan itu mampu mengumpulkan para kafilah dari berbagai negara di dunia. Mengingat dahulu awal berdirinya Kota Banjarmasin dikenal Bandarmasih atau Bandarnya Melayu. 

"Alhamdulillah, mudah-mudahan berjalan lancar semua," tutupnya.

Sementara itu, Presiden DMDI, Tun Seri Setia Mohd Ali Rustam menjelaskan, di pilihnya Kota Banjarmasin karena penyelenggara Tilawah Al-Qur'an Antar Bangsa itu digelar secara bergiliran di berbagai negara anggota DMDI yang tersebar di 23 negara.

Lanjut ujarnya, kegiatan Majelis Tilawah Al-Qur'an itu sebagai ajang silaturahmi antar saudara muslim melayu yang ada di dunia.

"Dimana pada Majelis Tilawah Al Qur'an ke 14 ini diramaikan peserta dari lima negara," ujarnya.

Ia menjelaskan, Lima negara yang meramaikan MTQ Antar Bangsa ke-14 kali ini yaitu dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darusaalam dan Timor Leste.

"Yang menang nantinya akan mewakili negaranya untuk kompetesi di tingkat internasional," pungkasnya.

Pelaksanaan MTQ Antar Bangsa ke-14 di Banjarmasin sendiri berlangsung selama dua hari, 29-30 Maret 2024 di Studio 2 TVRI Kalimantan Selatan.










Posting Komentar